Korek motor Satria 2-tak
Mesin korek harian (blok n head), kalo sudah tidak sayang
boleh juga oversize 50 (cc naik 2,1) atau oversize 100 (cc naik 4,2), klo tidak
percaya coba dihitung pake rumus deh! Tapigerak piston n silinder jangan sampe
seret, dibikin agak longgar aja (naik turun piston lancar).Biar ga ketinggian
kompresi head n blok pake paking 1, trus piston di papas kiri kanan (jarak
harus sama) mulai dari tepi atas sampe mepet linier ring seher atas.Jangan lupa
spuyer2 dinaikin (pilot 40-50 tergantung mana yg lebih sip), lepas saringan
bolehtapi kalo bisa pake saringan udara racing yg bahannya foam/busa (merk MCC,
KITACO).Kalo pake saringan tarikan atas jadi bagus, kalo ga tarikan atas jadi
kurang (top speed kurangdapet).Pengapian standar dah cukup, tapi kalo mo lebih
bagus lagi ya ganti racing, busi iridium, koilBLUE THUNDER (KITACO kurang
bagus!), CDI standar cukup.Pas setting karburator minta setting kering aja,
karena kalo basah jadi agak rewel, trus pinskep cukup ditengah aja, kalo pingin
lebih boros lagi ya tinggal pake paling bwh toh! Truskalo mau sih tetep pake
langsam, karena pake ato ga sama aja, loe malah ga cape main gas(bikin boros),
harian kan?!Setel oli samping jangan terlalu boros, perkiraannya asap jangan
terlalu banyak. Trus cukup pake yg semi sintetik aja, pake yg full ga terlalu
pengaruh, alias sama aja!! Nah skrg sampe di knalpot. Pake bobokan boleh asal
bagus aja, tapi saran gw beli knalpotyang tipe lehernya sempit memanjang kayak
punya ninja gitu! Biar napas motor loe ga cepetabis alias panjaaaang! Merk
AHRS, AHM, Spyder juga ada, merk ga penting lah, asal bahannya bagus!Kalo mo
lebih komplet lagi, pake cakram gede (setting kampasnya jangan sampe
seret!),kabel rem racing depan belakang, per kopling ganti racing biar tarikan
jadi spontan yah!Ganti juga gigi primer +/- Rp. 250rb harganya, trus ban pake
aja ukuran 90/70-17 depan belakang, buat jalan ga rata bagus rebahnya (ga jln
di sirkuit kan?) ga usah battlax lah!Sebenernya pake ban belakang ukuran
100/70-17 lebih lengket lagi, tapi anginnya lo bikin 35Punya duit lebih? Ganti
monoshock pake punya NSR (ga usah yg ori pake merk YSS Rp.250rb - Rp.300rb),
per lebih tebal jadi ga goyang pantatnya, pas pasang jangan lupa dudukandi
ganjal pake ring pelat soalnya punya NSR dudukannya lebih kecil.Motor loe
tinggal diisi pertamax, ga perlu yg plus kok. Ingat! oli samping jangan
diisilangsung ke tangki biar takarannya pas n ga berubah2, oke! Nah soal bodi,
loe papas aja spakbor depan bagian belakang kira2 separoh, biar mesin kenaangin
lebih banyak aja, kan mesin loe dah jadi lebih panas, ingat jangan lepas sayap
samasekali, karena pengaruh ke aerodinamika motor loe (coba loe liat mtr road
race yg jawara2).
TIPS:
Coba kejar RX-KING
dulu, kalo ga dapet turunin lagi klip skep ke paling bawah, trus stellagi angin
motor loe, kalo KING dah kena coba kejar TIGER di jalan yg panjang, kalo
masihga bisa nempel tinggal lo ganti gear belakang loe yag 1 ato 2 mata lebih
kecil, TIGER dahlewat coba loe kejar CBR 150, bisa nempel ga loe??!! (itu kl lo
punya nyali lebih ya). Kalokalah ato berat ngejar bebek tertentu, king, ato
tiger, berarti motor2 itu speknya dah korek abis2an, mungkin udah bore up
gede2an.
Basic 2 stroke Tuning
Merubah tenaga dari
mesin 2 tak sesungguhnya sangat simple ketika kamu mengetahui teknik dasar
mesin 2 tak. Kebanyakan kesalahan adalah memilih kombinasi yang kurang pas dar
komponen mesin sehingga mesin justru berlari lebih parah
dari standardnya, pernahmengalami? Karena memodifikasi mesin 2 tak memerlukan
tidak hanya budget yang besar dalam pendanaan melainkan juga strategi
modifikasi. Seperti kutipan graham bell padahalaman pertama buku TWO-STROKE
PERFORMANCE TUNING karangannya,modifikasi dan pengerjaan yang terlalu
berlebihan ( bore up , porting terlalu lebar / tinggi ) bisa jadi justru
menyakitkan karena hasil yang jauh dari harapan. Namun pengerjaansederhana,
berhati-hati, dan menunda untuk modifikasi extreme belakangan bisa jadi
adalahkunci kinerja mesin 2 tak.
SIKLUS MESIN 2 TAK
PRINSIP KERJA 2 TAK
Meski mesin 2 tak
terlihat lebih simple dari mesin 4 tak, dengan komponen yang sangatsedikit,
hanya piston didalam silinder, namun sesungguhnya mesin 2 tak sangat
komplexdalam kalkulasi : utamanya memanfaatkan dinamika gerak gas dalam mesin
untuk menghasilkan tenaga. Ada fase-fase berbeda yang sangat berpengaruh
didalam crankcasemaupun didalam blok cylinder pada waktu bersamaan, sehingga
mesin 2 tak mampu bekerjalebih efisien (hanya cukup 360 derajat putaran kruk
as, dibanding 720 derajat putaran kruk asoleh mesin 4 tak) inilah yang
menyebabkan ledakan tenaga mesin 2 tak terasa menyengatdibanding 4 tak. Rahasia
tenaga mesin 2 tak adalah pengaturan kompresi primer dan sekunder didalam
mesin.Inilah mengapa seringkali kita menyarankan pada rat rider kalau ingin
mengirim mesin untuk dikerjakan sebaiknya seluruh mesin atau motornya
dipaketkan sekalian, karena tidak cukuphanya modifikasi blok atau head saja.
Mari kita amati cara kerja mesin 2 tak dalam sisidinamika gas :1) Awal mula
piston berada pada titik mati atas (TMA , nol derajat kruk as) bunga api
mulaimeletik dan gas dalam ruang bakar menyebar dan mendorong piston turun
sebagai awallangkah usaha. Gaya dorong piston ini menekan gas ke dalam
crankcase hinggamenyebabkan petal terbuka. Kompresi pada kruk as tersebut
penting untuk menimbulkankekuatan hisap pada reed valve, apalagi dibantu
membran seperti v-Force dengan banyak katub buluh sehingga meski kompresi
rendah campuran gas segar sudah dapat dengan mudahmasuk. Pada sudut 90 derajat
kruk as, dan piston berada dalam akselerasi negatif maksimum, porting exhaust
terbuka sebagai tanda berakhirnya langkah usaha. Gas panas akan terbuangdengan
sendirinya keluar ke knalpot. Kompresi pada kruk as mulai melemah saat
portingtransfer mulai terbuka. Tekanan dalam silinder harus diturunkan lebih
rendah dari tekanan pada crankcase dengan tujuan agar gas yang tidak terbakar
dapat keluar dari transfer portsselama masa pembilasan.2) Transfer port terbuka
sekitar 120 derajat sebelum titik mati bawah (TMB). Pembilasandimulai. Artinya
gas segar keluar dari porting transfer dan menyatu untuk membentuk
sebuahsiklus. Gas akan bergerak ke atas menuju belakang silinder dan berputar
terus membilas sisagas pembakaran dari proses power stroke. Penting bahwa sisa
gas pembakaran harus dibuangsempurna, untuk membuka ruangan bagi campuran udara
segar ke dalam ruang bakar. Ituadalah kunci membuat tenaga besar pada mesin dua
tak. Semakin banyak gas segar yangmampu di kompresi pada kubah pembakaran =
semakin besar tenaga tercipta!Sekarang gas segar juga turut terbuang hingga
bagian header pada knalpot. Tapi gas segar initidak akan lolos begitu saja
karena gelombang tekanan kompresi mempunyai pantulan daridesain ujung pipa
knalpot yang baik, untuk membawa paket gas segar kembali ke dalamsilinder
sebelum piston menutup seluruh lubang porting. Inilah keunikan dari efek SUPER
CHARGE pada mesin 2 tak. Dari sini terlihat betapa pentingnya desain knalpot 2
tak, perhitungan matang untuk mengurangi trial n error sangat dibutuhkan.
Keunggulan utama
dari mesin 2 tak adalah bahwa mereka mampu membakar lebih
banyak udara/bahan-bakar dibandingkan kapasitas mesin yang terhitung melalui kalkulasi.
Sebuah contoh : Mesin 4 tak 125 cc sesungguhnya mungkin hanya mampu membakar
110 cc campuran udara/bahan-bakar dalam silinder, dengan efisiensi pabrikan 88
% (kemungkinan lebih rendah dari itu)sedangkan mesin 2 tak 125 cc standard
kemungkinan bisa membakar 180cc campuran udara- bahan bakar didalam silinder.
Mampu melihat bedanya? Bisa membuat gambaran bagaimanamerancang mesin 4 tak
agar mampu melawan mesin motor 2 tak?
p
orting 2 tak
3) Kini kruk as telah
berputah melewati titik mati bawah (180 derajat) dan piston memulailangkah
upstroke. Gelombang kompresi yang memantul dari pipa knalpot membawa gassegar
kembali melewati exhaust port (kini juga berfungsi menjadi inlet port bukan?)
seiring piston menutup seluruh porting maka kompresi dimulai. Di dalam kruk as,
tekanan menjadilebih rendah dari tekanan atmosfer, menimbulkan kevakuman dan
hisapan ini akan mebukakatub buluh dan memasukkan gas segar ke dalam
crankcase.4) Gas yang tidak terbakar akan tertekan dan beberapa saat
sebelumpiston meraih TMA,sistem pengapian akan meletikkan bunga api dan memulai
proses pengapian. Dan siklus akanterus berulang.Pelajari bagaimana proses dasar
mesin 2 tak bekerja. Kapan porting mulai terbuka dantertutup dalam durasi
derajat kruk as, niscaya modifikasi kita akan berada pada jalan
yangtepat.PORTINGPorting dalam silinder didesain oleh para insinyur untuk
menciptakan tenaga dalam rentangRPM tertentu sehingga menghasilkan karakter
mesin tersendiri. Mengurangi metal dalam porting (exhaust dan transfer) berarti
merubah durasi, luasan area, volume, serta sudut portingdengan tujuan untuk
menentukan rentang tenaga sesuai kondisi trak dan karakter pengemudi.Sebagai
contoh, mengendarai RM250 pada pegunungan berbatu perlu penyetelan agar
tenagalebih berisi pada putaran bawah ± menengah karena mendaki lembah dan
kelembaban udara pegunungan. Bagaimana kita mampu memodifikasi sebuah mesin?
Sebelumnya kita harusmendapat sebanyak mungkin data dan informasi tentang
karakteristik mesin standard pabrikannya. Kalkulasi ini penting ketika
menyangkut PORTING ± LUASAN AREA ± DURASI. Ukuran area porting dan durasi
berhubungan dengan kapasitas mesin dan RPM(mirip durasi noken as bukan?)
Kemudahan kita memahami mesin 4 tak akan membawa kita pada pemahaman lebih
dalam pada dinamika mesin 2 tak. Mudah untuk membuat 2 tak kencang, lebih mudah
membuat mesin 2 tak lambat. Dan perlu kalkulasi mendalam untuk menciptakan
mesin 2 tak yang Sangat Kencang!.CYLINDER HEADCylinder heads bisa dibentuk
ulang untuk menciptakan karakter mesin. Head dengandiameter kecil dan ruang
bakar yang dalam, serta squish lebar ( 60% dari area boring )Dikombinasi dengan
rasio kompresi 9 : 1 akan sangat pas dengan karakter mesin motorcross.Serta
beberapa kombinasi lain akan memunculkan karakter mesi yang berbeda. Squish
lebar dengan kompresi tinggi akan menciptakan turbulensi gas dalam ruang bakar.
Diukur dalamsatuan Maximum Squish Velocity, dalam satuan meter per detil.
Supercross engine harusmemiliki MSV sekitar 28 m/s. Perlu software khusus untuk
menghitung MSV. Dalam bukugraham bell, ada patokan tersendiri untuk menentukan
karakter mesin (power band ± RPMrange
CARBURATOR Karburator pada mesin 2 tak adalah nyawa setelah
modifikasi porting dan pengaturankompresi. Karena durasi porting akan
mempengaruhi puncak RPM mesin maka venturikarburator yang pas harus dilakukan
dengan hati-hati. Secara umum, karburator kecilmemiliki velocity tinggi dan
cocok untuk karakter mesin yang mengandalkan torsi , dantenaga pada RPM
menengah. Untuk mesin 2 tak 125 cc, karburator dengan venturi 34mmakan cocok
untuk berlomba pada supercross yang membutuhkan tautan-tautan torsi menuju
power sangat cepat. Karburator 36 mm akan bekerja untuk yang membutuhkan
speed.REED VALVEMembran! Sudah kami bahas panjang lebar tentang pentingnya klep
pada motor 2 tak ini.Berpikirlah membran ini seperti klep pada mesin 4 tak.
Semakin besar klep dengan luasanarea yang lebar akan sangat bermanfaat untuk
diperas tenaganya pada putaran mesin tinggi.Membran dengan lidah berjumlah 6
atau lebih akan menjadi pemimpin di lomba, disaatmesin dengan katub buluh
berjumlah 2 atau 4 kehabisan nafas.Ada 3 faktor penentu dalam pemilihan mebran
: Sudut petal, Material petal, Ketipisan katub buluh. Rahasia tingkat tinggi
ala mekanik internasional akan mudah kamu dapatkan padamembran buatan v-force,
kala kita sudah kehabisan akal memodifikasi membran standarddengan main ganjal
dan porting rumah membran. Material petal dari karbon kevlar yangsangat ringan
akan membantu akselrasi hingga mensuplai di putaran tinggi. Pastikan mesinanda
disokong perangkat isitimewa ini sebelum berlomba. Kekalahan akan
terasamenyakitkan jika kita tidak mempersiapkan mesin pacuan kita dengan
sempurna.PIPA KNALPOTGelombang energi akan banyak dipasok dari hitungan dan
desain knalpot yang tepat!Diameter, panjang, terutama 5 bagian utama dari pipa
knalpot 2 tak akan menjadi daerahrawan untuk menciptakan tenaga pada RPM
tertentu. Area itu adalah : Header, Difuser,Dwell, Baffle, dan Stinger. Secara
umum, knalpot yang baik harus mampu menaikkan tenaga pada rpm lebih tinggi.
Pastikan keseuaian silinder mesin dengan knalpot serta RPM yangakan sering
dipakai sebelum memesan sebuah knalpot.TIPS UNTUK BORE UP CYLINDER Ketika kamu
merubah kapasitas dalam silinder mesin, ada banyak faktor yang
harusdiperhatikan. Seperti : porting, rasio kompresi, jetting karburator,
silencer dan timing pengapian. Ukuran dan durasi porting exhaust dan intake
terbuka, berbanding dengankapasitas mesin dan RPM. Ketika dinding liner digerus
untuk memasukkan piston yang lebih besar, sadarkah bahwa transfer port akan
berubah sudut, dan porting exhaust akan mengecil?Dan ketika kamu langsung saja
melakukan hal ini, maka torsi pada RPM rendah akanmelimpah, dan tenaga
diputaran atas melemah.Merubah sudut ruang bakar harus dilakuakan , serta rasio
kubah dengan squish harus diatur ulang menyesuaikan diameter piston yang baru.
Piston lebih besar berarti turbulensi lebihkeras, sehingga squish harus
dipersempit. Volume kubah ruang bakar harus diatur menyesuaikan kapasitas mesin
yang baru. Atau mesin hanya akan terasa ¶berhenti¶ di putarantinggi, berlari
datar begitu saja. Bahkan lebih buruk akan timbul detonasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar